Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi radio di seluruh dunia. Terbentuk dari konstelasi 24 satelit dan stasiun bumi mereka.

Global Positioning System terutama didanai dan dikendalikan oleh Departemen Pertahanan AS (DOD). Sistem ini awalnya dirancang untuk operasi militer AS. Tapi hari ini, ada juga banyak pengguna sipil GPS di seluruh dunia. Pengguna sipil diizinkan untuk menggunakan Layanan Pemosisian Standar tanpa jenis biaya atau batasan apa pun.

Global Positioning System

Pelacakan Sistem Pemosisian Global adalah metode untuk mengetahui di mana tepatnya ada sesuatu. Sistem pelacakan GPS, misalnya, dapat ditempatkan di kendaraan, di ponsel, atau di perangkat GPS khusus, yang dapat berupa unit tetap atau portabel. GPS berfungsi dengan memberikan informasi tentang lokasi yang tepat. Itu juga dapat melacak pergerakan kendaraan atau orang. Jadi, misalnya, sistem pelacakan GPS dapat digunakan oleh perusahaan untuk memantau rute dan kemajuan truk pengiriman, dan oleh orang tua untuk memeriksa lokasi anak mereka, atau bahkan untuk memantau aset bernilai tinggi saat transit.

Sistem pelacakan GPS menggunakan jaringan Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS). Jaringan ini menggabungkan berbagai satelit yang menggunakan sinyal microwave yang ditransmisikan ke perangkat GPS untuk memberikan informasi tentang lokasi, kecepatan kendaraan, waktu dan arah. Jadi, sistem pelacakan GPS berpotensi memberikan data navigasi secara real-time dan bersejarah pada setiap jenis perjalanan.

Satelit Khusus GPS

GPS menyediakan sinyal satelit khusus, yang diproses oleh penerima. Penerima GPS ini tidak hanya melacak lokasi yang tepat tetapi juga dapat menghitung kecepatan dan waktu. Posisi bahkan dapat dihitung dalam tampilan tiga dimensi dengan bantuan empat sinyal satelit GPS. Segmen Ruang dari Global Positioning System terdiri dari 27 satelit GPS yang mengorbit Bumi. Ada 24 operasi dan 3 satelit tambahan (jika satu gagal) yang bergerak mengelilingi Bumi setiap 12 jam dan mengirim sinyal radio dari ruang angkasa yang diterima oleh penerima GPS.

Kontrol Sistem Pemosisian terdiri dari stasiun pelacakan berbeda yang berlokasi di seluruh dunia. Stasiun pemantauan ini membantu melacak sinyal dari satelit GPS yang terus menerus mengorbit bumi. Kendaraan ruang angkasa mengirimkan sinyal pembawa gelombang mikro. Pengguna Global Positioning Systems memiliki penerima GPS yang mengubah sinyal satelit ini sehingga dapat memperkirakan posisi, kecepatan, dan waktu aktual.

Global Positioning System

Pengoperasian Sistem GPS

Pengoperasian sistem didasarkan pada prinsip matematika sederhana yang disebut trilateration. Trilaterasi dibagi menjadi dua kategori: Trilaterasi 2-D dan Trilaterasi 3-D. Untuk membuat perhitungan matematis yang sederhana, penerima GPS harus mengetahui dua hal. Pertama-tama harus tahu lokasi tempat itu harus dilacak oleh setidaknya tiga satelit di atas tempat itu. Kedua, ia harus tahu jarak antara tempat dan masing-masing Kendaraan Angkasa itu. Unit yang memiliki banyak penerima yang mengambil sinyal dari beberapa satelit GPS secara bersamaan. Gelombang radio ini adalah energi elektromagnetik yang bergerak dengan kecepatan cahaya.

Sistem pelacakan GPS dapat bekerja dengan berbagai cara. Dari perspektif komersial, perangkat GPS umumnya digunakan untuk mencatat posisi kendaraan saat mereka melakukan perjalanan. Beberapa sistem akan menyimpan data dalam sistem pelacakan GPS itu sendiri (dikenal sebagai pelacakan pasif) dan beberapa mengirim informasi ke database terpusat atau sistem melalui modem dalam unit sistem GPS secara teratur (dikenal sebagai pelacakan aktif).

Sistem Pelacakan GPS

Sistem pelacakan GPS pasif akan memantau lokasi dan akan menyimpan datanya di perjalanan berdasarkan jenis acara tertentu. Jadi, misalnya, sistem GPS semacam ini dapat mencatat data seperti tempat perangkat bepergian dalam 12 jam terakhir. Data yang disimpan pada sistem pelacakan GPS semacam ini biasanya disimpan dalam memori internal atau pada kartu memori, yang kemudian dapat diunduh ke komputer di kemudian hari untuk analisis. Dalam beberapa kasus, data dapat dikirim secara otomatis untuk unduhan nirkabel pada titik / waktu yang ditentukan sebelumnya atau dapat diminta pada titik-titik tertentu selama perjalanan.

Sistem pelacakan Global Positioning System (GPS )aktif juga dikenal sebagai sistem real-time karena metode ini secara otomatis mengirimkan informasi pada sistem GPS ke portal atau sistem pelacakan pusat secara real-time saat itu terjadi. Sistem semacam ini biasanya merupakan pilihan yang lebih baik untuk tujuan komersial seperti pelacakan armada atau pemantauan orang, seperti anak-anak atau lansia, karena memungkinkan pengasuh untuk tahu persis di mana orang yang dicintai, apakah mereka tepat waktu dan apakah mereka di mana mereka seharusnya selama perjalanan. Ini juga merupakan cara yang berguna untuk memantau perilaku karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan mereka dan menyederhanakan proses dan prosedur internal untuk armada pengiriman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here